Selasa, 19 Mei 2015

AMP Malang Tuntut Papua Merdeka

Aksi Aliansi Mahasiswa Papua di depan gedung Balaikota.
KOBOGAUNEWS, KOLONIAL INDONESIA Malang - Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Malang kembali menggelar aksi di depan Balai Kota Malang, Selasa (19/5/2015). Aksi yang sudah kesekian kalinya ini juga sekaligus mewakili rakyat Papua yang meminta pembebasan atau merdeka.

Salah satu peserta aksi mengatakan, aksi ini dilakukan dengan mempertimbangkan situasi West Papua yang berada dalam situasi darurat, di mana pembungkaman besar-besaran di segala sisi dilakukan demi membungkam suara rakyat Papua. “Sudah 53 tahun kemerdekaan West Papua terbungkam oleh kejahatan sistem penjajahan dan kejahatan militer,” ujarnya.

Selain itu, demi kepentingan eksploitasi dan menguasai SDA (Sumber Daya Alam) Papua, pembungkaman ruang-ruang juga dilakukan di seluruh wilayah Papua Barat tepatnya 30 April sampai 1 Mei 2015 dengan terjadinya penangkapan besar-besaran. ” Sebanyak 269 aktivis telah ditahan karena memediasi rakyat Papua. Namun ada yang lebih parah, yakni dengan penembakan beruntun kepada rakyat sipil yang dilakukan oleh militer di Nabire,” ujarnya kembali.

Atas banyaknya kejadian tersebut, aliansi Papua Malang ini meminta untuk pembebasan Papua dan merdeka. [kr]