Jumat, 02 Januari 2015

BUDAYA-KU ADALAH JATI DIRI-KU

Ilustrasi 7 Wilayah Adat Di Tanah Papua (Foto, NP)
Oleh : Merry  Butu #

Tanah papua memiliki berjuta pesona budaya,  sampai perhelat seni-budaya yang mencuri perhatihan  dunia. Pesona budaya yang kita nikmati ini? tak lepas dari prinsip  orang papua, yang menyelaraskan diri bersama tanah leluhur alam papua.
 
Kearifan lokal budaya secara turung temurung. Dilaksanakan dalam kehidupan  sehari-hari dan, bersanding dengan perkembangan jaman.
 
Di tanah ini, sejak ratusan silam, para penjelajah dunia hinga ekspedisi anak bangsa  tertarik untuk singa. Mereka mengeksplorasi satu demi satu budaya papua dan kehidupan orang papua. 
 
Mereka juga mencatatnya  dalam lembaran sejara  kebudayaan dunia. Tak salah kiranya  tanah papua disebut tanah berkah kebudaya. Keberkahan kebudayaan dari sang  pencipta yang juga mengundang kita semua untuk  menjaganya agar lestari budaya kita karna budaya adalah jati diri kita sepanjang masa.

Sesuai teori diatas, penulis merasakan budaya itu sangat penting bagi setiap suku bangsa dimana saja berada, terlebih kusus! masyarakat hukum adat, yang ada di tanah papua, dan  yang mendiami di setiap plosok-plosok tanah papua  dari berbagai ratusan suku papua.
 
 karna banyak generasi muda papua, atau orang papua yang melupakan budaya atau jati diri pribadi secara terperinci atau sekejap, padahal kita di lahirkan melaluai budaya, dan budaya sebagai landasan kita untuk  membawa kita pada masa depan yang sukses, harapan dan perubahan bagi tanah papua tanah damai.
 
Namun,  sebelum memulai perjuangan lain? utamakan sejara budaya  dan sejara dasar dari setiap suku yang ada di tanah papua, karna! ini sebagai identitas pribadi yang tak akan terhilang dimana-pun dan kapan-pun kita berada.
 
Maka  itu! saya harap kepada generasi muda papua, dan! orang papua rapatkan, barisan untuk menggenal dan menggetahui diri kita masing-masing melalui budaya. Dan menggetahui dasar-dasar budaya,  dan sejara budaya kita karna budaya sebagai solusi atau simbol jati diri pribadi, keluarga, rakyat papua, dan tanah papua. Dan melalui budaya tuntutan-tuntutan hak hak poltik kita? Bisa, menuai sesuai dengan keinginan rakyat papua dan keinginan tanah leluhur alam papua, karna budaya adalah solusi atau peluang  untuk menutukan nasib sendiri.,,,,,,,,,,,, SALAM KOMPAK,,,,,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar